Finansial Reporting Vs Finansial Statement dan Siklus Akuntansi Manual vs Siklus Akuntansi Sia

Financial Statement atau Laporan Keuangan adalah catatan informasi keuangan perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Ada 5 jenis Laporan Keuangan yang diakui oleh IAI maupun FASB, yaitu : Laporan Laba Rugi, Laporan Posisi Keuangan , Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Arus Kas dan Catatan Atas Laporan Keuangan. Kelima laporan keuangan tersebut hanyalah salah satu medium dalam penyampaian informasi.
Financial Reporting atau Pelaporan Keuangan meliputi segala aspek yang berkaitan dengan penyediaan dan peyampaian informasi keuangan. Aspek-aspek tersebut antara lain lembaga yang terlibat (misalnya penyusunan standar, badan pengawas dari pemerintah atau pasar modal, organisasi profesi, dan entitas pelapor), peraturan yang berlaku termasuk PABU (prinsip akuntansi berterima umum atau generally accepted accounting principles/GAAP).

PERBANDINGAN SIKLUS AKUNTANSI MANUAL DAN SIA.
Perbandingan antara Sistem Informasi Akuntansi manual dan terotomatisasi terletak pada teknologi yang digunakan. Pada SIA terotomatisasi, input data penjualan menggunakan alat pemindai barcode (barcode scanner), sehingga proses entri menjadi lebih cepat dan akurat daripada dilakukan secara manual. Begitu juga dengan pemrosesan datanya, SIA terotomatisasi menggunakan program aplikasi seperti Microsoft Excel atau seperti MYOB. Tabel berikut membantu memperjelas perbedaan antara kedua hal tersebut.
Siklus Akuntansi Manual
Siklus Akuntansi SIA

Menjurnal : mencatat transaksi dalam jurnal, misalnya transaksi penjualan dicatat dalam jurnal penjualan.
Input : mencatat transaksi ke dalam file transaksi, misalnya dokumen sumber dari transaksi penjualan dicatat dalam file transaksi penjualan.
Memposting : memposting setiap entri dari jurnal ke dalam buku pembantu
Proses : mencatat setiap transaksi ke dalam file master, misalnya mencatat setiap transaksi penjualan ke dalam file master piutang.
Memposting : memposting total jurnal (misalnya total jurnal penjualan) ke buku besar.
Proses : mentotal transaksi dalam file transaksi (misalnya transaksi penjualan ke dalam file transaksi penjualan) dan mencatat ke dalam file master buku besar.
Meringkas : menyiapkan Neraca Lajur
Output : memanggil file master buku besar dan mencetak neraca lajur.

Sehingga dalam prosesnya SIA lebih efektif dan effisien dibandingkan sistem manual


0 komentar:

Posting Komentar